Sunday, June 9, 2013

Tips Agar Kue Tidak Bantat

Tentu Anda akan merasa kesal jika pada akhirnya kue yang dibuat justru jadi bantat, kempes, dan permukaannya retak. Hal ini memang wajar terjadi, terutama jika Anda masih pemula. Lalu, bagaimana cara agar kue yang dibuat tidak bantat? Kue yang bagus adalah kue yang mengembang setelah sudah matang. Kue yang mengembang akan terasa lebih lembut dan empuk, berbeda dengan kue yang bantat. Mau tahu cara agar kue yang dibuat tidak bantat? Perhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Pilih baking powder yang masih segar Baking powder berfungsi sebagai pengembang adonan kue. Namun baking powder yang sudah lama tidak akan bekerja dengan baik, akibatnya kue akan menjadi bantat. Karenanya pilihlah baking powder yang masih segar. Cara menguji baking powder; Anda bisa masukkan sedikit baking powder ke dalam air panas. Jika muncul gelembung, itu artinya baking powder masih segar. Namun jika tidak ada gelembung atau reaksi lainnya, itu artinya baking powder sudah tidak berfungsi.
  2. Pengocokkan telur Pilih telur yang sudah dalam kondisi ruangan, bukan yang baru diambil dari lemari es. Selama proses pengocokkan telur, jangan tambahkan bahan lain sampai adonan benar-benar mengembang atau berubah jadi warna putih. Telur hanya dikocok bersama dengan gula. Setelah mengembang, barulah tambahkan bahan lain. 
  3. Tepung terigu Agar kue tidak bantat, Anda harus memilih tepung terigu yang benar-benar kering dan lembut. Karenanya, Anda harus menjemur tepung terigu terlebih dahulu dan kemudian ayak agar mendapatkan tepung yang lembut. Oven Kue
  4. Pemanggangan kue di oven Pastikan oven yang Anda gunakan sudah panas terlebih dahulu. Hindari buka-tutup oven terlalu sering, karena hal ini bisa membuat suhu udara dalam oven jadi tidak stabil. Akibatnya kue yang Anda buat tidak bisa matang dengan sempurna sehingga kue akan jadi bantat. 5. Takaran bahan kue sesuai dengan resep Takaran bahan yang salah akan membuat hasil kue jadi tidak enak dan bantat. Karenanya ikutilah panduan resep membuat kue dengan benar. Dan pastikan juga resep yang Anda ikuti itu benar atau tidak asal-asalan. Selamat mencoba! 

No comments:

Post a Comment